2Okt
2017

PELAKSANAAN KEGIATAN BIMTEK PIAK PROVINSI RIAU TAHUN 2017

Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemamfaatan Data

PEKANBARU - Dinas Kependudukan Catatan Sipil , Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau menggelar Bimbingan teknis pengelolaan informasi administrasi kependudukan pada 18 s/d 20 September 2017 di Hotel Mutiara Mardeka. Kegiatan yang dihadiri pejabat Eselon III dan Eselon IV bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil kabupaten dan kota se-Provinsi Riau.

Kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman atas tugas dan fungsi pejabat PIAK. “Pejabat PIAK di daerah mesti mengetahui teknis penerapan SIAK (Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan) untuk pelayanan maupun pengolahan database kependudukan.

Dalam sambutannya  Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil , pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau H. Andra Sjafril, SKM.M.Kes mengatakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan yang disingkat SIAK telah mengalami perkembangan/ perubahan berkali-kali. Perubahan pada beberapa fitur perekaman dan pencetakkan KTP-EL tersebut perlu dipahami oleh para pejabat pengelola SIAK dan yang terbaru saat ini yaitu SIAK versi 6 (enam). Dengan adanya perubahan kearah yang lebih baik dan sempurna diharapkan dapat lebih mempermudah kita dalam pengolahan dan penyajian data kependudukan dalam penyediaan data yang valid, akurat dan real time sebagai mana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengkajian dan Pengelolaan Sistem Informasi Adminsitrasi Kependudukan.

“Andra” menilai pejabat Eselon III dan Eselon IV seharusnya mampu meningkatkan fungsi pelayanan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada diantaranya penerapan teknologi dalam pelayanan. Dengan adanya bantuan teknologi, pihaknya dapat menghadirkan pelayanan terintegrasi yang semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan dan catatan sipil.

Dengan adanya kegiatan Bimbingan teknis pengelolaan informasi administrasi kependudukan, diharapkan para pejabat pengelola SIAK di Kabupaten/Kota se Povinsi Riau dapat lebih memahami teknis penerapan dan aplikasi yang ada dalam Sistim SIAK.



(PAI)

  • Senin, 2 Okt 2017 | 20:39
  • 544x dilihat
  • Umum