2Okt
2017

BIMTEK PEMANFAATAN DATA DAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN PROVINSI RIAU TAHUN 2017

Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data

Pekanbaru , Pada Tanggal 27 September 2017, Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau  melalui Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data telah menyelenggarakan Kegiatan “Bimbingan Teknis Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Provinsi Riau tahun 2017“,bertempat di Hotel Mutiara Mardeka Pekanbaru.

Kegiatan ini dihadiri oleh Para Kepala Bidang Pemanfaatan data, Kepala Seksi Siak dan Para ADB Kab/Kota dan juga Kepala Seksi dan Staf Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau  dengan menghadirkan Narasumber Direktur Fasilitasi Pemamfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri sebagai Nara Sumber.

Kegiatan Bimbingan Teknis ini dirasakan sangat penting, karena saat ini sangat banyak instansi pemerintah dan juga instansi swasta yang ingin melakukan kerja sama dengan Dinas Kependudukan untuk memmamfaatkan data kependudukan dan pencatatan sipil.

Pengguna data yang telah melakukan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan diberikan Hak Akses untuk dapat mengakses database kependudukan dari Server Data Warehouse yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sesuai dengan izin yang diberikan.

Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik oleh lembaga pengguna, wajib menggunakan Aplikasi Data Warehosuse yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Oleh karena itu, melalui Bimtek ini diharapkan akan lahir aparatur aparatur handal yang akan mengelola pemanfaatan data kependudukan melalui aplikasi Data Warehouse tersebut pada instansi masing-masing.



(PAI)

  • Senin, 2 Okt 2017 | 20:41
  • 583x dilihat
  • Umum