13Nov
2017

SOSIALISASI GUNA PEMECAHAN MASALAH YANG DIHADAPI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIAK

Pemerintah Kabupaten Siak Melaui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Siak baru-baru ini telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan di 14 (Empat Belas) Kecamatan Se-Kabupaten Siak yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juli Sd. 24 Agustus 2017. Sosialisasi ini diperlukan karena semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Siak dan masih kurangnya pemahaman dari petugas dan masyarakat akan peraturan yang mengatur tentang administrasi kependudukan.

Sesuai dengan amanat dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Siak mempunyai tanggungjawab terhadap penyelenggaraan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, selain itu tentunya ada perpanjangan tangan yang ikut meyelenggarakan pelaksanaan administrasi kependudukan. Perlunya kesamaan dan keseragaman dalam melaksanakan proses pelayanan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku agar tidak terjadi tidak terjadi perbedaan dalam melaksanakan tugas.

Maksud dan tujuan sosialisasi kebijakan kependudukan ini adalah meningkatkan kesadaran penduduk akan kewajiban untuk ikut serta dalam melaksanakan administrasi kependudukan dan memenuhi hak setiap orang mendapatkan pelayanan di bidang administrasi kependudukan tanpa diskriminasi dengan pelayanan yang profesional.

Dalam sosialisasi tersebut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Siak H.Rakhmansyah, SH menjadi salah satu narasumber dalam menyampaikan materi sosialisasi kebijakan kependudukan tersebut.

Peserta Sosialisas kebijakan kependudukan berjumlah 530 orang yang berasal dari Aparat Kecamatan, Kelurahan, Kepala UPTD Pendidikan serta Kepala Sekolah Di 14 (Empat Belas) Kecamatan dalam Kabupaten Siak. Lokasi pelaksanaan dibagi menjadi 5 (lima) rayon yang terdiri dari:

-         Rayon I Dilaksanakan Di Kecamatan Siak Terdiri Dari:

1.   Kecamatan Siak

2.   Kecamatan Mempura

3.   Kecamatan Bungaraya

4.   Kecamatan Dayun

-         Rayon Ii Dilaksanakan Dikecamatan Pusako Terdiri Dari

1.   Kecamatan Pusako

2.   Kecamatan Sabak Auah

3.   Kecamatan Sungan Apit

-         Rayon Iii Dilaksanakan Dilubuk Dalam Terdiri Dari:

1.   Kecamatan Lubuk Dalam

2.   Kecamatan Kerinci Kanan

3.   Kecamatan Koto Gasib

-         Rayon Iv Dilaksanakan Dikecamatan Tualang Terdiri Dari:

1.   Kecamatan Tualang Dan

2.   Kecamatan Sungai Mandau

-         Rayon V Dilaksanakan Di Kecamatan Kandis Terdiri Dari:

1.   Kecamatan Minas

2.‚ÄÉKecamatan Kandis


  • Senin, 13 Nov 2017 | 08:56
  • 721x dilihat
  • Sosial