4Apr
2019

RAPAT SINERGITAS LINTAS SEKTOR MENGENAI TENAGA KERJA ASING

Pekanbaru, Kegiatan Sinergitas Lintas Sektor dengan Tema Masalah Tenaga Kerja Asing dan Orang Asing di Indonesia khususnya di Provinsi Riau  yang diadakan dihotel furaya pada tanggal 25 – 26 Maret 2019, Peserta rapat terdiri dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab/Kota, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau, Kemenkumham, Kesbangpol Provinsi Riau dan Perusahaan yang memperkerjakan Tenaga Asing seperti RAPP, CEVRON dan lainnya.

Mengapa warga negara asing boleh punya e-KTP?

Ketentuan itu diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, yang direvisi lagi menjadi UU Nomor 24 Tahun 2013. Klausulnya tidak berubah sejak 2006.

"Penduduk Warga Negara Indonesia dan orang asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap yang telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah kawin atau pernah kawin wajib memiliki KTP el." -Pasal 63 UU 24/2013.

Tujuannya adalah single identity number. Artinya setiap warga negara yang berada di Indonesia tercatat dalam data tunggal untuk semua akses pelayanan. Misal data bank, sim card, dan lainnya, menggunakan NIK.

warga negara asing yang punya izin tinggal tetap pasti membutuhkan layanan seperti rumah sakit hingga perbankan. Sementara data pada paspor atau SIM internasional, bukanlah single identity number. Nah, NIK pada e-KTP menunjukkan banyak hal, mulai dari yang tertera seperti alamat, golongan darah, dan perwakinan, hingga data biometrik yaitu sidik jari dan retina.

e-KTP warga negara asing ada batas waktunya mengikuti pada izin tinggal tetap. Beda dengan e-KTP WNI yang berlaku seumur hidup.

Tak hanya itu, meski warga asing bisa punya e-KTP, mereka tak punya hak pilih. Hal ini perlu ditegaskan mengingat isu e-KTP asing muncul di masa kampanye Pemilu 2019.

"Di dalam KTPnya ditulis dengan warga negara mana, misalnya Singapura, Malaysia, sehingga KTP elektronik itu tidak bisa digunakan untuk mencoblos, karena syarat untuk mencoblos adalah WNI,"

  • Kamis, 4 Apr 2019 | 10:21
  • 461x dilihat
  • Sosial