18Agu
2017

PERTEMUAN KEPALA DINAS DUKCAPIL NIAS BARAT BERSAMA HIMNI TERKAIT KARTU IDENTITAS MASYARAKAT NIAS DI RIAU

Selasa, 1 Agustus 2017 - Bertempat di Ruang Rapat Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DISDUKCAPILDALDUKKB) Provinsi Riau, diadakan pertemuan dengan Kepala Dinas DUKCAPIL Nias Barat, Sabahati Gulo bersama Sozifao Hia Ketua dan Yermias Duha Sekretaris DPD HIMNI Riau. Tujuan dari pertemuan ini ialah menyelesaikan permasalahan tentang kartu identitas masyarakat Nias yang ada di Riau, sebagaimana pada pertemuan sebelumnya juga telah dibahas. Rapat dibuka oleh tuan rumah Andra Sjafril selaku Kepala Dinas DUKCAPILDALDUKKB Prov. Riau, yang merasa tersanjung mendapat tamu dari Nias.

Langsung pada pokok permasalahan, Sozifao menyampaikan bahwa pihak mereka mulai merasa bosan terhadap permasalahan kartu identitas masyarakat Nias yang ada di Riau saat ini, langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar mereka dapat memiliki Kartu Identitas atau KTP Riau.

“Untuk langkah awal masyarakat Nias yang ada di Riau perlu mengisi Formulir F101 terlebih dahulu, dari sana bisa ketahuan berapa jumlah penduduk Nias yang tidak punya kartu identitas. Setelah diisi, data-data tersebut akan dimasukkan ke Database yang ada di Nias” jawab Dwi Setiawati.

“Bagi masyarakat Nias yang telah mengurus Kartu Identitas sebelum nya akan mempermudah kami untuk melakukan perekaman, namun bagi yang belum mengurus maka kami perlu melakukan perekaman ulang. Kami siap turun membawa alat untuk melakukan perekaman, namun perekaman baru bisa dilakukan di tahun 2018 karena harus dianggarkan terlebih dahulu”, sambung sabahati gulo.

“Dengan begini kita sepakat, dari pihak HIMNI harus bisa mengajak masyarakatnya mengisi formulir terlebih dahulu kalau ingin punya KTP Riau, pihak DISDUKCAPIL Nias tinggal melakukan perekaman, dan kami di Dinas DUKCAPILDALDUKKB Riau siap membantu apa yang bisa kami bantu”, kata andra sjafril sembari menutup rapat.


  • Jumat, 18 Agu 2017 | 20:45
  • 409x dilihat
  • Umum